Now Reading:
‘Ayla: The Daughter of War’, Film Mengharukan yang Diangkat dari Kisah Nyata
Full Article 3 minutes read

‘Ayla: The Daughter of War’, Film Mengharukan yang Diangkat dari Kisah Nyata

kholic.id – Film layar lebar Ayla: The Daughter of War merupakan film produksi kerja sama Turki dan Korea Selatan yang diangkat dari kisah nyata. Film yang di tahun 2017 telah diputar di Turki ini akan mulai diputar di Korea pada bulan Juni 2018.

Film Ayla: The Daughter of War berlatar saat perang Korea di tahun 1950. Saat peperangan terjadi, pasukan Turki ikut andil di bawah komando PBB. Suatu ketika, Sersan Süleyman (Ismail Hacioglu), seorang tentara yang ikut perang Korea, menemukan seorang gadis kecil kedinginan berusia 5 tahun.

Sang gadis kecil berada sendirian di kegelapan malam dan kehilangan orang tuanya. Karena mengalami shock berat, ia tidak bisa berbicara sehingga Sergeant Süleyman menamainya Ayla (Kim Seol), yang dalam bahasa Turki berarti “bulan”. Sersan Süleyman membawa Ayla ke garnisun Turki dan Ayla disambut ramah oleh tentara Turki lainnya.

Adegan di film Ayla: The Daughter of War | Foto: Daum

Setelah 15 bulan lamanya Ayla dan Sersan Süleyman bersama, pasukan Turki harus pulang ke negaranya. Sersan Süleyman tidak sanggup berpisah dari Ayla dan berusaha mengadopsinya, tetapi ia akhirnya harus melepas Ayla ke sebuah panti asuhan.

Kisah tersebut, merupakan kisah nyata, Sersan Süleyman dan Ayla yang nama Koreanya adalah Kim Eun Ja, bertemu setelah hampir 60 tahun berpisah. Mereka dipertemukan dalam acara MBC Kore Ayla di tahun 2010. Video pertemuan reuni mereka, bisa kalian lihat lewat video di bawah ini.

Film Ayla: The Daughter of War sendiri sempat masuk daftar Nominasi Piala Oscar Film terbaik Luar Negeri di tahun 2017. Sementara, aktris cilik pemeran Ayla adalah Kim Seol, yang memerankan karakter Jin Ju di drama tvN Reply 1988.

(dari kiri) Kim Seol, Süleyman Dilbirliği, Kim Eun Ja saat premier film Ayla: The Daughter of War | Foto: twitter.com/turkey_home

Kim Eun Ja memegang erat tangan ayah angkatnya yang sekarat | Foto: hurriyetdailynews

Sersan Süleyman Dilbirliği sendiri telah meninggal dunia setelah 1,5 bulan sejak perilisan film Ayla: The Daughter of War atau tepatnya pada 7 Desember 2017 di usia 91 tahun. Beberapa jam setelahnya, menyusul sang istri mengembuskan napasnya yang terakhir. Saat sang ayah angkat berada di rumah sakit, Kim Eun Ja sempat terlihat memegang erat tangan ayahnya sambil menangis.

Wah, kira-kira film Ayla: The Daughter of War akan diputar di bioskop Indonesia tidak ya? Coba kita cek dulu video trailer-nya.

Sumber: (1) (2) (3)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.