Now Reading:
Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Perbedaan Hydrating dan Moisturizing
Full Article 2 minutes read

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Perbedaan Hydrating dan Moisturizing

kholic.id – Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang lembap dan selalu terlihat fres sepanjang hari, terutama saat menjalankan ibadah puasa.

Selain banyak minum air putih saat sahur dan berbuka, penggunaan produk skincare yang mengandung hydrating dan moisturizing (menghidrasi dan melembapkan) tentu sangat membantu memberikan kelembapan kulit.

Meskipun sama-sama bisa melembapkan kulit, ternyata hydrating dan moisturizing memiliki arti yang berbeda. Tapi apakah kalian sudah tahu perbedaan dari kedua istilah tersebut? Berikut penjelasannya.

Moisturizing berarti mengunci kelembapan dan mencegahnya hilang dari kulit wajah. Ini dapat membuat kulit terasa lebih lembut dan halus. Selain itu, moisturizers berfungsi untuk mencegah moisture loss, bukan menambah moisture di kulit.

Produk moisturizing biasanya mengandung petroleum jelly, jojoba oil, argan oil, mineral oil, dan shea butter yang berfungsi untuk menghambat penguapan air pada permukaan kulit. Jadi, intinya moisturizer mengunci kelembapan pada wajah.

Sedangkan Hydrating memiliki fungsi utama meningkatkan kandungan air dalam kulit untuk melawan dehidrasi, mencegah tanda-tanda penuaan, dan melindungi kulit. Produk Hydrating adalah pelembab berjenis humectant yang dapat menyerap air ke kulit. Karena itu, fungsi utama produk hydrating adalah meningkatkan water content atau kandungan air di kulit.

Oleh karena itu produk-produk hydrating biasanya water-based, atau mempunyai tekstur yang lebih cair. Untuk mengenali produk-produk yang jatuh pada kategori ini, cari saja kandungan seperti aloe vera, propylene glycol, glycerin, hyaluronic acid atau pantenol.

Setelah mengetahui perbedaan dari moisturizing dan hydrating, yang perlu kalian lakukan adalah mengetahui jenis kulitmu, dan cara yang mudah adalah menggunakan pelembab dan lihat apakah kulit terasa kering atau tidak. Jika kulit masih terasa kering, itu berarti kulit wajahmu membutuhkan produk hydrating yang mengandung air sebagai bahan utama.

Namun, jika kulitmu sangat kering, kamu harus menggunakan produk hydrating di awal untuk menambah kelembapan, lalu tambahkan produk moisturizing untuk mengunci kelembapan kulit, dan jika memiliki jenis kulit berminyak, kamu hanya perlu menggunakan produk penghidrasi.

Sumber: (1) (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.