Now Reading:
Jangan Gunakan Masker Wajah Setiap Hari, Ini Alasannya
Full Article 3 minutes read

Jangan Gunakan Masker Wajah Setiap Hari, Ini Alasannya

kholic.id – Masker wajah dapat menyembuhkan dan memperbaiki kulit hanya dengan beberapa langkah sederhana. Selain itu, juga bisa memberikan nafas segar untuk kulit yang kusam.

Secara teori, sering menggunakan masker wajah itu bisa saja dilakukan, tetapi hal itu tentu bukan tanpa risiko. Meskipun masker wajah dirancang untuk mengatasi masalah yang berbeda, produk itu mungkin mengandung bahan yang sama, dan kandungan bahan-bahan tersebut tidak selalu aman untuk digunakan setiap hari.

Untuk melindungi kulit wajahmu, ada baiknya memeriksa bahan-bahan yang tercantum pada setiap kemasan masker. Jika menemukan produk masker wajah yang mencantumkan kata-kata seperti Anti-aging, Exfoliating, dan Anti-acne, terkadang mengandung bahan kimia keras yang dapat merusak kulit jika digunakan lebih sering daripada yang disarankan.

Sedangkan bahan-bahan yang aman untuk penggunaan masker sehari-hari antara lain, Aloe, Antioxidants, Hyaluronic acid, Niacinamide, dan Vitamin. Setelah mengetahui informasi umum, mari kita membahas seberapa sering kita harus menggunakan masker wajah berdasarkan jenisnya.

Masker Wajah Charcoal

Masker wajah charcoal (arang) bisa sangat keras dan dapat merusak kulitmu. Meskipun masker jenis ini dapat berguna untuk mengatasi masalah kulit tertentu, hasilnya seringkali tidak sebanding dengan risikonya. Disarankan menggunakan masker ini maksimal satu kali per bulan untuk menghindari masalah yang signifikan di kemudian hari.

Makser Wajah Gelatin

Seperti masker charcoal, masker wajah gelatin juga cukup keras untuk kulit wajah. Meskipun masker wajah gelatin sangat bagus untuk meningkatkan produksi kolagen, manfaat itu sering diimbangi oleh iritasi yang disebabkan selama pengangkatan. Karena efek merusak yang potensial, disarankan menggunakan masker wajah gelatin tidak lebih dari dua kali per bulan.

Sheet Mask Korea

Sheet mask Korea (masker lembaran Korea) belakangan ini begitu populer. Beberapa kandungan bahannya dapat membantu merevitalisasi kulit karena manfaat nyata yang berasal dari kelembapan yang disediakan masker jenis ini.

Sayangnya, efek dari masker wajah Korea ini hanya dapat bertahan selama lapisannya basah. Setelah lembaran kering (setelah sekitar 20 menit), itu benar-benar dapat menarik vitamin dan mineral dari kulit wajah. Masker wajah Korea tertentu juga mengandung bahan kimia berbahaya, jadi penting untuk membatasi penggunaan dan membaca bahan yang akan di aplikasikan pada kulitku dengan sangat hati-hati.

Dengan mudahnya menggunakan masker ini, kalian bisa memakainya setiap hari. Namun, bahan tambahan dari masker dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan lebih banyak kerusakan dari waktu ke waktu. Itulah mengapa sangat disarankan untuk menggunakan sheet mask maksimal satu kali per minggu.

Masker Hidrasi

Kalian dapat menggunakan masker hidrasi (hydarting mask) setiap hari. Produk ini dapat merevitalisasi dan memberikan kelembapan kulit secara teratur. Masker hidrasi biasanya diperkaya dengan vitamin dan mineral yang juga membantu.

Masker Clay

Masker clay (clay mask) tidak boleh digunakan lebih dari dua kali seminggu karena mengandung bahan yang cukup keras dan bahkan bisa menyebabkan iritasi bagi sebagian orang. Jika memiliki masalah dengan jerawat, oleskan clay mask secukupnya dan bilas setelah pemakaia 5-10 menit sebelum mengering.

Selain itu, kalian juga harus memperhatikan faktor seperti jenis kulit, masalah kulit, lingkungan tempat tinggal, dan kondisi cuaca saat memilih masker wajah yang akan digunakan. Hentikan pemakaian masker wajah jika timbul kemerahan, alergi, atau masalah kulit lainnya.

Sumber: (1) (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.