Now Reading:
Begini Cara Membaca Tanggal Kadaluwarsa Pada Kosmetik Korea
Full Article 2 minutes read

Begini Cara Membaca Tanggal Kadaluwarsa Pada Kosmetik Korea

kholic.id – Jika kalian baru akan mencoba produk kosmetik Korea, maka penting untuk mengetahui cara membaca tanggal kadaluwarsa, terutama bagi yang masih awam dengan tulisan hangul (alfabet Korea).

Salah satu hal terpenting adalah selalu memeriksa tanggal kadaluwarsa pada produk kecantikanmu. Pada dasarnya kalian akan menemukan dua jenis tanggal kedaluwarsa, yang pertama adalah tanggal yang dapat disimpan sebelum dibuka, dan yang kedua adalah tanggal yang dapat digunakan setelah pembukaan. Berikut ada bagan yang memberitahukan jangka waktu penggunaan dari produk kecantikan Korea.

Bagan kedua yang sudah ditranslate ke dalam bahasa Inggris | Foto: mishibox

Perlu diingat bahwa keterangan pada bagan diatas hanyalah pedoman. Setiap produk dapat memiliki jangka waktu yang berbeda-beda, jadi penting untuk mengecek kembali tanggal produksi atau kadaluarsa dari masing-masing produk kosmetik. Biasanya produk kecantikan Korea selalu menuliskan tanggal pembuatan dan tanggal kadaluwarsa, dan konsumen dapat menemukan tanggal pembuatan atau tanggal kadaluwarsa di bagian bawah produk maupun atas produk.

Jika melihat kata Korea ‘제조‘, maka itu berarti tanggal pembuatannya, dan jika melihat kata Korea ‘까지‘, itu menandakan tanggal kedaluwarsa. Kedua kata ini juga ada di semua produk yang diproduksi di Korea.

Foto: mishibox

Selain kedua kata diatas, jika kalian melihat tulisan ‘개봉 후 즉시 사용‘ pada bagian bawah kemasan, itu menandakan ‘gunakan segera setelah dibuka’, biasanya tertera pada produk sekali pakai seperti sheet mask. Seperti pada gambar di bawah ini.

Foto: kbeautynow

Jika kalian melihat simbol kecil di bawah produk (seperti wadah terbuka dengan angka), itu menandakan periode waktu yang disarankan untuk menggunakan produk setelah dibuka. Seperti contoh 12M (12 bulan atau 1 tahun), produk tidak akan kadaluarsa selama waktu tersebut setelah kemasannnya di buka. Simbol ini tentu bisa memudahkan pembeli untuk menentukan berapa lama produk itu akan bertahan setelah membukanya.

Foto: ist

Selain melihat pada tanggal kadaluwarsa, kalian juga harus memperhatikan produk kosmetik itu sendiri setelah dibuka. Jika mulai mengalami perubahan warna, mengeluarkan bau aneh, atau menimbulkan sensasi yang tidak biasa saat diaplikasikan, itu menandakan produk sudah tidak layak dipakai.

Sumber: (1) (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.