Now Reading:
9 Kesalahan Saat Menggunakan Tabir Surya
Full Article 4 minutes read

9 Kesalahan Saat Menggunakan Tabir Surya

kholic.idSunscreen (Tabir surya) adalah salah satu perlengkapan wajib bagi mereka yang sering beraktivitas di ruang terbuka, terutama di bawah sinar matahari.

Mengaplikasikan sunscreen mungkin terlihat sederhana. Biasanya hanya menyeprotkannya keluar dari tabung atau botol, lalu menggosokkannya di antara telapak tangan, dan mengoleskannnya pada kulit dengan cepat. Tetapi apakah kalian tahu, tenyata ada beberapa kesalahan yang tanpa saddar sering dilakukan saat menggunakannnya sehari-hari.

Kesalahan tersebut bukan hanya membuat kulit tidak terlindung, namun juga bisa menimbulkan risiko kanker kulit akibat paparan ultraviolet dari matahari. Berikut sembilan kesalahan yang sering terjadi dalam penggunaan sunscreen:

1. Menggunakan sunscreen untuk badan ke wajah

Ada perbedaan spesifik antara tabir surya untuk wajah dan tubuh. Kulit wajah pada umumnya lebih sensitif terhadap iritasi daripada kulit tubuh. Jika Anda mudah berjerawat, hindari penggunaan tabir surya untuk tubuh pada wajah Anda.

2. Melewati area penting

Kebanyakan orang rajin mengaplikasikan tabir surya hanya di wajah mereka, tetapi tahukan bahwa kalian juga harus melindungi area-area umum lainnya yang mungkin terlewatkan, yakni garis rambut, leher (terutama leher bagian belakang), bagian atas telapak kaki, tangan, dan percaya atau tidak bagian telinga juga membutuhkan perlindungan dari sinar matahari.

Selain itu, bibir juga perlu dilindungi dengan tabir surya. Pilihkan lip balm yang mengandung SPF agar terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah.

3. Menggunakan sunscreen dalam jumlah yang sedikit

Menurut American Academy of Dermatology, kalian harus menggunakan setidaknya satu sendok teh tabir surya hanya untuk area wajah (tidak termasuk leher). Ketebalan pemakaian sunscreen menentukan seberapa besar perlindungan yang diberikan.

Kebanyakan orang hanya mengoleskan sedikit sunscreen di kulitnya karena tidak ingin menjadi lengket atau takut merusak riasan saat mengaplikasikannya di wajah. Padahal saat ini ada pilihan tabir surya yang nyaman dipakai, tanpa ada kesan lengket berlebihan.

4. Hanya mengandalkan sunscren

Kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan mengoleskan tabir surya kulitnya akan terlindung dari sinar UV sepanjang hari. Ini dianggap bukan tindakan yang bijaksana, terutama jika kita banyak menghabiskan waktu di luar pada tengah hari.

Meski sudah mengenakan tabir surya, namun saat matahari bersinar terik, kita sebaiknya juga melindungi tubuh dan muka, misalnya dengan mengenakan topi, kacamata hitam, dan baju lengan panjang. Pelindung tambahan itu tentu akan membuat kita jauh lebih nyaman beraktivitas di luar ruangan.

5. Terlambat mengoleskan sunscreen

Untuk perlindungan kulit yang memadai, penggunaan tabir surya yang tebal perlu diaplikasikan 15 sampai 30 menit sebelum kalian melangkah keluar ruangan, hal itu memungkinkan kulit memiliki cukup waktu untuk menyerap tabir surya dengan benar.

6. Menggunakan sekali untuk seharian

Jangan hanya menggunakan tabir surya di pagi hari, dan melupakannya di siang, sore, dan malam hari. Karena gesekan, debu, dan keringat, tabir surya dapat dengan mudah menghilang dari kulit setelah beberapa jam. Itu sebabnya penting untuk mengoleskan kembali tabir surya setiap 2 jam, terutama saat memiliki banyak kegiatan di luar ruangan.

7. Tidak memperdulikan kandungan dari tabir surya

Saat bicara mengenai tabir surya, banyak yang membuat kesalahan dengan berpikir bahwa semakin tinggi kandungan SPF (Sun Protection Factor), semakin baik produk itu. Itu memang benar, tetapi hanya sampai batas tertentu. SPF adalah ukuran berapa lama kulit Anda akan dilindungi dibandingkan kulit tanpa tabir surya.

SPF yang Anda pilih sebenarnya mengacu pada seberapa banyak sinar UVB yang ingin Anda lawan atau seberapa banyak sinar yang menyebabkan kulit Anda terbakar. Sebuah tabir surya dengan kadar SPF 100% tidak akan menghambat sinar UV hingga 100 persen melainkan hanya sekitar 98 persen saja. Sedangkan lotion dengan SPF 30 ke atas akan melindungi kulit Anda hingga 95 persen dari sinar UV.

Tidak ada tabir surya yang menawarkan perlindungan penuh. Oleh karena itu, pilihlah tabir surya dengan spektrum luas yang menangkal kedua jenis sinar matahari.

8. Berpikir sunscreen hanya untuk di luar ruangan

 

Meskipun berada di luar ruangan, akan tetapi sinar matahari masih bisa untuk menyentuh kulitmu. Oleh karena hal itu, masih penting untuk melindungi diri sendiri meskipun Anda berada dalam ruangan dan tidak menghabiskan jam di luar. Dan saat kalian mengendarai mobil atau kendaraan lain, kalian wajib menggunakan tabir surya karena sinar UV matahari mampu menembus kaca.

9. Tidak mengoleskan kembali tabir surya setelah keluar dari kolam renang

Sebagian besar tabir surya memeperlukan reapplication (penggunaan berulang), karena mudah hilang jika terkena air. Setelah keluar dari kolam renang atau laut, keringkat tubuh dan wajah, lalu oleskan kembali tabir surya untuk mendapatkan perlindungan kulit yang sempurna.

Sumber: (1) (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.