Now Reading:
Wajib Tahu! 6 Fungsi Aloe Vera Gel Bagi Kulit dan Kecantikan
Full Article 3 minutes read

Wajib Tahu! 6 Fungsi Aloe Vera Gel Bagi Kulit dan Kecantikan

kholic.idAloe vera atau lidah buaya kini menjadi salah satu tanaman yang tengah ramai diperbinacangkan ditengah tingginya minat penjualan kosmetik Korea. Tapi taukah kamu apa fungsi sebenarnya tanaman berduri ini bagi kecantikan dan kulitmu?

Aloe vera telah digunakan sejak jaman Mesir kuno untuk pengobatan, terapi dan lainnya. Karena manfaatnya yang berlimpah, maka disebut juga ‘plant of immortality‘ atau ‘tanaman keabadian‘.

Tanamn kaktus dari keluarga Liciaceae ini tumbuh di iklim kering dan tropis seperti Afrika, India, Indonesia dan lainnya.

Daun lidah buaya mengeluarkan gel bening yang bila dipatahkan, gel tersebut memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan diri dari luka, mempercantik kulit, dan mempeperbaiki kerusakan rambut.

Kali ini kholic akan membahas 6 manfaat gel lidah buaya bagi kecantikan dan kulit;

1. Mengobati dari sengatan matahari

Foto: Acuherbal Acupuncture

Aloe vera membantu mengatasi sengatan matahari melalui peyembuhan di tingakat epitel kulit, lapisan sel yang menutupi tubuh. Ia berfungsi sebagai lapisan pelindung dan membantu mengisi kelembapaan kulit. Karena kualitas nutrisi dan sifat antioksodannya, kulit bisa sembuh lebih cepat.

2. Bekerja pada pria dan wanita

Foto: k-wedding

Meski berduri, tanaman ini mampu mengisi kelembapan kulit tanpa meberikan efek berminyak, sehingga sempurna digunakan bagi berbagai jenis kulit.

Bagi wanita yang menggunakan riasan berbasis mineral, lidah buaya bertindak sebagai pelembab dan sangat bangus bagi wajah sebelum menggunakan riasan. Hal ini dialakuakan sebagai pencegahan kulit kering.

Sedangkan untuk pria, gel aloe vera bisa dipakai sebagai perawatan setelah mencukur. Karena sifat penyembuhannya bisa mengobati luka kecil yang disebabkan oleh pisau cukur.

3. Mengobati jerawat

Foto: Honeysu

Gel lidah buaya mengandung dua hormon; Auzin dan Giberellin. kedua hormon ini memberikan penyembuhan luka dan sifat anti- inflamasi yang mengurangi peradangan kulit. Giberellin di lidah buaya bertindak sebagai hormon pertumbuhan yang merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Hal ini menmungkinkan kulit untuk sembuh lebih cepat dan alami dengan meminimalisir bekas luka.

Aloe vera terasa sejuk di kulit dan dapat mengurangi radang kulit, melepuh, dan gatal, sekaligus menyembuhkan lebih cepat. Fungsi tersebut membuat pengobatan Ayurvedic, menjadikan ia sebagai obat untuk meyembuhakn masalah kilit kronis secara efektif, seperti psoriasis, jerawat dan eksim.

4. Anti aging

Foto: American School Of Natural Health

Seiring bertambahnya usia, semua orang mulai khawatir tentang munculnya garis-garis halus dan elastisitas kulit mereka. Daun lidah buaya mengandung banyak antioksidan, termasuk beta karoten, vitamin C dan E yang dapat memperbaiki kekencangan kilit dan menjaga kulit agar selalu terhidrasi.

5. Mengurangi stretch mark

Foto: ist

Jika kulit terbentang terlalu jauh dan cepat (karena kehamialan, berat badan bertambah atau berkurang dengan cepat) biasanya akan mulai terlihat tanda putih terbentang di kulit. Gel lidah buaya dapat membantu meyembunyikan tanda-tanda peregangan ini dengan meyembuhkan kerusakan kulit.

6. Kaya nutrisi untuk kesehatan

Foto: thakshasilah

Bahan padat dari lidah buaya mengandung lebih dari 75 nutrisi berbeda termasuk vitamin, mineral, enzim, guka, antrakuinon atau senyawa fenolik, lignin, saponin, sterol, asam amino dan asam salisilat.

So, setelah tau fungsi positif ini, apakah kalian semakin semangat berburu gel aloe vera?

Sumber: MBG Lifestyle

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.