Now Reading:
5 Langkah Perawatan Kulit Berjerawat yang Dilakukan Wanita Korea
Full Article 3 minutes read

5 Langkah Perawatan Kulit Berjerawat yang Dilakukan Wanita Korea

kholic.id – Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum dialami oleh sebagian besar orang, dan seringkali menjadi masalah besar bagi sebagian wanita.

Kulit yang berjerawat tentunya membutuhkan rutinitas perawatan khusus agar tidak sering timbul dan membuat jerawat semakin meradang. Oleh karena itu, kita perlu melakukan beberapa langkah perawatan kulit yang tepat, dan lebih selektif dalam memilih produk skincare yang akan digunakan.

Karena salah satu faktor timbulnya jerawat diwajah adalah penggunaan skincare yang tidak cocok dengan kulit kita. Berikut ini ada 5 langkah perawatan wajah berjerawat yang dilakukan wanita-wanita Korea cewek-cewek Korea.

Langkah 1: Double cleansing

Foto: getthegloss

Langkah pertama dalam rutinitas perawatan kulit berjerawat yang biasa dilakukan oleh Korea adalah Double Cleansing (pembersihan ganda). Jangan pernah tidur dengan riasan yang masih menempel di wajahmu, karena riasan biasanya tidak hilang dalam satu sapuan (terutama produk makeup waterproof).

Pertama, gunakan pembersih berbahan dasar minyak, kemudian ikuti dengan pembersih berbahan dasar air. Pembersih harus digunakan untuk membersihkan secara mendalam dan tidak mengeringkan kulit dengan bahan-bahan kasar, perawatan jerawat dapat dilanjutkan dari pembersihan.

Tips: Pada pagi hari, cukup gunakan facial foam cleanser agar tidak terlalu banyak mencuci wajah yang dapat berisiko mengeringkan kulitmu.

Langkah 2: Facial massage dan gunakan facial mask

Foto: uniqso

Facial massage (pijat wajah) dapat membantu merangsang sirkulasi darah untuk memastikan kulitmu bersinar dari dalam ke luar. Jika jerawatmu cukup ringan dan tidak terlalu sakit, kalian bisa melakukan srub ringan. Ini akan membantu menghilangkan kotoran dan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Facial massage biasa / harian adalah bagian terpenting dari rutinitas perawatan kulit berjerawat, karena bisa membantu meningkatkan suhu kulit, meningkatkan aliran oksigen, serta elastisitas kulit. Tapi perlu diperhatikan, hindari memijat wajah jika sedang memiliki jerawat aktif, karena itu dapat memperparah kelenjar minyak dan meningkatkan produksi minyak.

Sedangkan penggunaan masker wajah, kalian bisa menerapkan dua jenis masker, yakni masker yang mampu mengatasi pori-pori yang tersumbat, dan masker yang memberikan kelembapan untuk kulit kering. Gunakan masker wajah dua kali seminggu saat kalian tidak melakukan pemijatan wajah.

Langkah 3: Toner

Foto: k-beauty-europe

Banyak wanita yang percaya bahwa toner tidak berguna. Namun, wanita Korea sangat menyukai langkah ini. Toner bahkan lebih efektif dalam membersihkan pori-pori. Toner dapat mempersiapkan wajah untuk menyerap produk skincare lainnya dengan baik, dan mengembalikan pH kulit. Pilih toner yang mengandung hyaluronic acid yang aman untuk wajah yang berjerawat.

Langkah 4: Gunakan Serum

Foto: buttermilkskincare

Serum sangat penting untuk mencegah timbulnya jerawat dan kerutan. Serum Korea lebih ringan dari krim wajah, dan dapat menembus lebih dalam ke dermis dan merangsang elastin dan pembentukan kolagen. Kalian juga bisa menggunakan pelembab wajah favoritmu dengan serum, tapi pastikan untuk menunggu setidaknya 5 menit sebelum melakukannya.

Langkah 5. Gunakan pelembab

Foto: rd.com

Kulit yang berjerawat tetap butuh pelembap, dan tentunya pelembab yang tidak mengandung alkohol, karena alkohol malah bisa membuat jerawat semakin parah dan merusak kulit. Gunakan pelembap yang mengandung aloe vera, ceramides dan snail filtrate.

Selain lima langkah tersebut, yang perlu diperhatikan agar jerawat tidak datang kembali adalah jangan terlalu sering memegang wajah dengan tangan, banyak mengkonsumsi air putih, dan hindari makanan siap saji.

Sumber: (1) (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.