Now Reading:
Kenalan dengan ‘Beondegi’, Hidangan Kaki Lima Ekstrem Korea dari Larva Ulat Sutra
Full Article 2 minutes read

Kenalan dengan ‘Beondegi’, Hidangan Kaki Lima Ekstrem Korea dari Larva Ulat Sutra

kholic.id – Musim semi kini sedang berlangsung di Korea Selatan. Beberapa wisatawan asing yang nikmati wisata sambil berburu jajanan kaki lima dipastikan bakal bertemu dengan beondegi, camilan yang terbuat dari serangga.

Beondegi sendiri adalah camilan sehat yang terbuat dari larva ulat sutra yang dimarinasi dengan bumbu kecap asin. Direbus lama dengan tambahan air, aroma manis, gurih, dan khas dari beondegi yang dijual akan tercium dari jarak bermeter-meter jauhnya.

Foto: koreaherald

Saat dikunyah, beondegi akan ‘meletus’ di dalam mulut, keluarkan sedikit cairan bumbu yang bercampur dengan lembutnya tekstur larva dan rasa gurih-manis dari kuah campuran kecap.

Menurut sejarah, jajanan beondegi telah ada dan dijual di Korea sejak akhir tahun 1900-an.

Foto: koreaherald

Di masa lalu, industri tekstil Korea sempat booming dan membuat banyak daerah beramai-ramai dirikan usaha ternak ulat sutra.

Saat kain sutra sudah terkumpul, ‘sisa’ ulat yang siap berubah menjadi larva dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Miliki rasa yang enak dan gurih, hidangan ini pun jadi terus dinikmati, terutama sebagai teman minum alkohol seperti soju atau makgeoli (arak beras).

Kini, beondegi dijual dalam kemasan cangkir kertas (kaki lima) dan kalengan (supermarket) yang siap disantap. Jika Chingudeul penasaran dengan rasa beondegi, harus diingat bahwa hidangan ini tidak banyak dijual di kota besar seperti Seoul. Kalian harus mencarinya di pasar tradisional, atau area wisata di distrik tertentu.

Sumber: korea herald

 

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.