Now Reading:
10 Bahan dan Zat Berbahaya yang Harus Dihindari dalam Produk Skin Care (Bag.2)
Full Article 3 minutes read

10 Bahan dan Zat Berbahaya yang Harus Dihindari dalam Produk Skin Care (Bag.2)

kholic.id – Maraknya industri produk kecantikan dan perawatan kulit serta wajah membuat orang semakin bijak dalam memilih. Tak hanya untuk mencari tahu soal manfaat kegunaan, tetapi juga soal efek samping yang ditimbulkan.

Sebelumnya, kami dari tim K-holic telah membahas bahaya dari zat Paraben, Sulfat, Phthalate, Fragrance, dan Formaldehyde alias Formalin yang terkandung dalam produk perawatan kulit atau skin care. Kini waktunya membahas 5 zat berbahaya lainnya! Apa saja? Yuk, intip di sini.

6. Phenoxyethanol

Digunakan sebagai zat anti-bakteri dalam kosmetik dan zat stabilizer dalam parfum, phenoxyethanol sebetulnya sangat berbahaya bagi kesehatan terutama jika tertelan, terhirup, atau terserap ke dalam kulit. Golongan ibu hamil, menyusui, dan balita sangat dianjurkan tidak terpapar zat ini.

Zat Phenoxyethanol dapat menyebabkan efek samping pada otak dan sistem saraf. Tidak hanya itu, zat ini juga dapat mengiritasi kulit, mata, dan membuat kulit melepuh.

7. Alkohol

Alkohol dalam produk skin care terbagi menjadi dua: alkohol baik dan alkohol jahat. Alkohol jahat yang harus dihindari antara lain methanol, isopropyl alcohol, propanol, benzyl alcohol, dan alcohol denat.

Zat turunan alkohol yang disebutkan di atas dapat membuat kulit menjadi kering secara ekstrim hingga terjadi iritasi. Tak hanya itu, efek rasa panas seperti terbakar dan kemerahan hingga membuat kulit terkelupas juga sering terjadi.

8. PEG

Zat PEG atau polyethylene glycol secara luas digunakan dalam produk kecantikan dan skin care sebagai pengental. PEG juga berfungsi sebagai zat yang membantu sebuah produk untuk menyerap lebih cepat ke dalam kulit.

Jika digunakan dalam kulit yang sedang tidak sehat (berjerawat, terlalu kering, sensitif, dll), zat ini bisa menimbulkan iritasi ekstrim. Tak hanya itu, tingkat kelembapan kulit juga dapat berkurang dan mempercepat proses penuaan kulit.

9. Propylene Glycol

Biasa disebut PG, zat Propylene Glycol terdapat dalam produk lipstik dan sampo. Bahkan, oleh National Library of Medicine zat ini masuk dalam klasifikasi ‘irritant’ atau zat yang mampu membuat kulit iritasi.

PG sendiri merupakan zat turunan dari petroleum (minyak bumi yang dipakai sebagai bahan utama bensin dan minyak tanah). Meski dicuci dengan sabun, zat PG dalam produk skin care akan tetap menempel pada kulit. Miliki sifat melarutkan minyak dan lemak dalam kulit, lama-kelamaan kulit kalian akan kering dan semakin membutuhkan pelembap dalam jumlah banyak dari sebelumnya.

10. Butylene Glycol

Banyak terdapat dalam maskara, concealer, sunscreen, dan hairspray, zat yang juga turunan dari petroleum ini digunakan sebagai pengawet, pelarut, dan mengunci kelembapan dalam kulit.

Efek samping dari zat ini adalah iritasi kulit, dermatitis (infeksi/radang), gatal-gatal, hingga rasa kantuk yang berlebihan dan depresi. Sayangnya, zat ini banyak ditemukan dalam hampir semua produk perawatan pribadi seperti sabun, sampo, pasta gigi, hingga lotion serta krim tubuh dan wajah.

Nah, itu dia berbagai jenis zat berbahaya yang harus kalian hindari saat membeli produk perawatan kulit atau make up. Jangan sampai keinginan kalian untuk tampil segar dan cantik justru memberi efek samping yang merugikan di kemudian hari, ya!

Sumber: orgaid

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.