Now Reading:
Kenalan dengan Gonjiam Psychiatric Hospital, Rumah Sakit Jiwa Paling Angker di Korea
Full Article 3 minutes read

Kenalan dengan Gonjiam Psychiatric Hospital, Rumah Sakit Jiwa Paling Angker di Korea

kholic.id – Bulan April ini, film horor Gonjiam: Haunted Asylum sedang booming di Korea. Saking ramainya, film ini berhasil jadi film genre horor terlaris ke-2 sepanjang sejarah perfilman Korea.

Akan tetapi, tahukah Chingudeul bahwa latar tempat syuting film tersebut benar ada dan pernah beroperasi seperti halnya rumah sakit pada umumnya?

Berlokasi di sebuah bukit daerah Gwangju, provisi Gyonggi-do, Rumah Sakit Jiwa Gonjiam merupakan tempat perawatan bagi orang-orang yang sakit secara mental dan miliki reputasi baik pada masanya. Rumah sakit ini juga dikelilingi daerah pemukiman sehingga mudah diakses bagi siapapun yang ingin berkunjung.

Gerbang masuk Rumah Sakit Jiwa Gonjiam yang telah disegel pihak kepolisian. | Foto: wordpress/dwondering

Berjumlah total 5 lantai (1 lantai bawah tanah, 3 lantai untuk bangsal pasien, dan 1 lantai atap), Rumah Sakit Jiwa Gonjiam suguhkan pemandangan indah di sekililing bangunan. Untuk mencapai lokasi ini pun sangat mudah karena hanya perlu berkendara 40 menit dari Seoul.

Sayangnya, sekitar tahun 1995/1996 rumah sakit ini ditutup secara mendadak karena sang pemilik meninggal dunia karena sakit.

Keadaan di dalam Rumah Sakit Jiwa Gonjiam. | Foto: ist/mysocalledcreativelife

Kejadian itu membuat pihak keluarga merasa kesulitan dalam mengatur keuangan rumah sakit. Ditambah lagi, di tahun itu Bendungan Paldang sedang dibangun pemerintah dan mengharuskan pihak rumah sakit memasang mesin pemurni air untuk digunakan seluruh dokter, staf, dan pasien. Disebabkan tak ada cukup biaya, rumah sakit pun ditutup dan keluarga pemilik memutuskan tinggal di luar negeri.

Terhitung sejak tahun 2011, area Rumah Sakit Jiwa Gonjiam ditutup oleh pihak kepolisian daerah Gwangju atas permintaan keluarga pemilik rumah sakit. Akan tetapi, hingga kini banyak warga Korea dan mancanegara yang berkunjung secara diam-diam dan lakukan ‘uji nyali’ karena bangunan ini dikenal angker.

Para wisatawan Korea dan asing yang berkunjung ke Rumah Sakit Jiwa Gonjiam. | Foto: ist/seoultapperilla/dwondering

Rumah sakit jiwa ini kini telah ditutupi gerbang dan pagar kawat berduri. Akan tetapi, masih banyak orang yang bisa masuk karena terdapat beberapa akses jalan kecil yang sengaja dibuka.

Jika kalian tertarik (dan berani) untuk kunjungi Rumah Sakit Jiwa Gonjiam, kalian hanya perlu naik bus 1113-1 dari Stasiun Gangbyeon, Exit 1 atau bisa juga bus 500-2 dari Stasiun Gangnam, Exit 7. Saat sampai di Gonjiam, kalian hanya perlu seberangi jembatan dan lanjut ke jalan setapak menuju bukit tempat Rumah Sakit Jiwa Gonjiam berdiri.

Alamat: Sindae-ri, Silchon-eup, Gwangju-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan

Sumber: (1), (2), (3), (4)

 

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.