Now Reading:
Ini Dia Penjaga Gerbang Istana Gyeongbokgung non-Korea Pertama
Full Article 2 minutes read

Ini Dia Penjaga Gerbang Istana Gyeongbokgung non-Korea Pertama

kholic.id – Administrasi Warisan Budaya Korea telah menunjuk non-Korea pertama untuk menjadi petugas penjaga gerbang Istana Gyeongbokgung pada 1 April lalu. Petugas jaga non Korea ini adalah Mark Tetto, seorang warga negara AS yang bekerja mempromosikan Korea lewat segala aktivitasnya.

Administrasi Warisan Budaya (CHA) telah melaksanakan upacara penunjukkan kehormatan untuk penjaga gerbang Gyeongbokgung sejak tahun 2012. Di acara ini, “sang raja” secara formal menunjuk seseorang, yang pekerjaannya melindungi keluarga raja dan rakyat, dengan upacara keselamatan.

Beberapa tahun belakangan ini, penunjukkan untuk penjaga pintu gerbang kehormatan biasanya diberikan untuk petugas pemadam kebakaran dan petugas kepolisian. Mulai tahun ini, CHA memutuskan memperluas peranan tersebut untuk individu yang dianggap memiliki ketertarikan besar terhadap tradisi dan warisan Korea, dan melakukan kegiatan untuk melestarikan warisan budaya Korea.

Mark Tetto saat menerima tongkat dan gulungan kerta penunjukkan sebagai penjaga gerbang kehormatan (1/4) | Foto: korea.net

Tetto, petugas penjaga kehormatan tahun ini, adalah sebuah businessman dan entertainer TV lokal. Dia baru-baru menyumbang dan mendonasikan patung Buddha dari era Goryeo dan artefak untuk Museum Nasional Korea yang barang-barang tersebut tadinya diambil saat masa pendudukan kolonial Jepang. Dia juga sering berbicara mengenai tradisi dan warisan budaya Korea.

Tetto, yang sangat bahagia mengambil peran tersebut, berkata dia merasa terhormat atas penunjukkannya sebagai petugas penjaga gerbang kehormatan non-Korea pertama.

Ia juga berkata dia telah talah jatuh cinta dengan tradisi Korea setelah dia mulai tinggal di rumah bergaya hanok sekitar dua setengah tahun lalu. “Budaya korea layak untuk dibanggakan, dan harus dipromosikan ke seluruh dunia,” ujar Tetto.

Ditambah lagi ia tinggal di dekat Istana Gyeongbokgung, yaitu di Bukchon Hanok Village, Tetto pun berjanji untuk mengawasi tanah istana setiap hari saat tugas hariannya.

Sumber: korea.net

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.