Now Reading:
Nikmati Olahan Masakan Gosari dari Jeju di Musim Semi
Full Article 2 minutes read

Nikmati Olahan Masakan Gosari dari Jeju di Musim Semi

kholic.id – Musim semi di Korea disambut dengan penuh sukacita dan ditandai dengan mekarnya berbagai bunga.

Selain dengan mekarnya bunga, sebuah tanaman liar yang terkenal tumbuh di Jeju, dipanen besar-besaran di musim ini, yaitu Gosari (semacam tumbuhan pakis, disebut bracken dalam bahasa Inggris -red).

Para wisatawan yang datang ke Jeju dapat mencoba pengalaman memanen gosari di tempat yang diperbolehkan selama bulan April-Mei. Selain itu, para wisatawan juga bisa mengikuti kegiatan Hallasan Gosari Festival yang diselenggarakan pada 28-29 April. Di acara ini, para pengunjung bisa memetik gosari bersama-sama di Gunung Halla dan mencicipi berbagai olahan masakan Gosari.

Foto: VisitJeju

Gosari yang dipetik di Jeju biasanya dikirim ke berbagai daerah di Korea dan keadaan kering. Setelahnya, dari gosari kering ini, orang-orang akan mengolah gosari dengan cara direbus atau ditumis dan ada juga yang menjadikannya bahan tambahan untuk sup. Kalian biasa menemukan sedikit gosari saat memakan bibimbab atau yukgaejang.

Gosari juga dikatakan bagus untuk kesehatan karena dipercaya bisa menurunkan tekanan darah dan melancarkan metabolisme tubuh. Selain kaya serat, gosari juga memiliki kandungan vitamin A dan E.

Gosari kering dalam kemasan | Foto: Ist

Dalam menu masakan tradisional Korea, menu sampingan untuk sayuran biasanya disajikan dalam tiga warna dan disebut samsaek namul (sam artinya tiga, saek artinya warna). Warna putih biasanya adalah doraji (akar bellflower), hijau adalah segeumchi (bayam), dan coklat atau hitam adalah gosari.

Ingin mencoba memasak masakan dengan bahan gosari ini? Kalian bisa mengecek beberapa video tutorial memasak dengan Gosari di bawah ini. Selain itu gosari kering juga bisa dibeli di beberapa toko online di Indonesia dengan harga kurang lebih Rp70 ribu untuk isi 25gr.

Sumber: (1) (2) (3)


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.