Now Reading:
Niat Beri Pendapat, Anji Justru Disumpahi Mati oleh EXO-L
Full Article 4 minutes read

Niat Beri Pendapat, Anji Justru Disumpahi Mati oleh EXO-L

kholic.id – Perseteruan antara EXO-L (sebutan bagi fans EXO) dan non EXO-L kini jadi perbincangan ‘hangat’ di dunia maya, khususnya Instagram. Keadaan tersebut dipicu dari berbagai komentar pedas yang menganggap jika idol keluaran SM Entertainment ini meniru hasil karya dari Anji.

Berawal dari postingan video di Instgram pada 30 Maret lalu, Anji menuliskan pendapat serta nasihat terkait kemiripan lagunya yang berjudul ‘Kekasih Terhebat’ dengan OST drama Life yang dinyanyikan EXO CBX. “LAGU EXO mirip ANJI. Fans KPop atau EXO jangan emosi dulu. Baca ya,” tulis Anji di awal tulisan.

Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kenceng mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea.

Sekarang saya bertanya..
Kalau ada lagu Korea mirip dengan lagu saya yang orang Indonesia, apakah fans lagu Korea di Indonesia akan bilang ini plagiat?

Saya bukan nge-judge.
Karena setahu saya, dan sepengalaman saya sebagai Musisi, kadang kami menulis lagu yang ternyata ada kemiripan dengan lagu lain.

LAGU EXO mirip ANJI. Fans KPop atau EXO jangan emosi dulu. Baca ya. . Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kenceng mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea. . Sekarang saya bertanya.. Kalau ada lagu Korea mirip dengan lagu saya yang orang Indonesia, apakah fans lagu Korea di Indonesia akan bilang ini plagiat? . Saya bukan nge-judge. Karena setahu saya, dan sepengalaman saya sebagai Musisi, kadang kami menulis lagu yang ternyata ada kemiripan dengan lagu lain. . Coba tuliskan pendapatmu tentang hal ini. . . Oh iya, ini lagu KEKASIH TERHEBAT yang saya nyanyikan dalam versi Bahasa Mandarin, feat @mingbridges . . #TuliskanPendapatmu #TanpaPerluMarah

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on

Namun, dengan tulisan tersebut banyak dari EXO-L, fans Anji dan netizen yang salah paham, bahkan hingga tersulut emosi. Bahkan beberapa dari EXO-L melontarkan sumpah-serapah pada dirinya dan keluarga.

Di sisi lain, tak sedikit pula EXO-L Indonesia yang meminta maaf atas perkataan yang kurang pantas dari orang-orang yang mengaku sebgai EXO-L.

FANS EXO YANG GARANG. Saya awalnya ketawa baca komentar yang ngatain. Tapi kok banyak yang nyumpahin mati. . Contohnya ini. Anaknya masih kecil. Saya sudah cek identitasnya dan memang dia ngefans sekali sama EXO. Selain dia, yang nyumpahin saya mati banyak banget. Banyak yang pake akun bodong, ada juga yang pake akun asli. . Tadinya saya mau santai saja menanggapinya. Kemarin juga pas mereka marah-marah di kolom komen (sampe lebih dari 50k), saya lagi seru nonton konser Chainsmokers bareng anak-anak saya. . Tapi kok rasanya mereka berlebihan mengarah kelewatan. Fans EXO yang garang-garang itu perlu belajar tentang kesopanan. Apalagi mereka banyak yang masih kecil. Dan yang disumpahin mati ini adalah Musisi Indonesia loh. Mungkin mereka gak ngefans, tapi mungkin saja saudara, kakak bahkan orangtuanya menikmati musik saya. . Lucunya, mereka ngata-ngatain dengan ALASAN YANG SALAH. Mereka salah memahami ketika membaca caption saya. Postingannya masih saya biarkan tanpa edit, silakan dibaca dengan baik. . Tidak ada yang bilang EXO plagiat. Malah saya coba memberi pandangan kalau kadang sebagai Musisi, menulis lagu yang mirip dengan lagu orang itu bisa terjadi. Bahkan judul video saya adalah PERTANYAAN bukan PERNYATAAN. Apakah MIRIP = PLAGIAT? Bukan MIRIP = PLAGIAT. Lalu saya meminta pendapat tentang hal itu. . Intinya, kalau ngefans sama Musisi janganlah fanatik sampe jadi buta hati dan logika. Ada lagu Musisi Indonesia mirip sama lagu Musisi luar, Musisi Indonesia dikatain. Ada lagu Musisi luar mirip sama lagu Musisi Indonesia, Musisi Indonesianya juga yang dikatain. . Terima kasih buat EXO-L yang meminta maaf lewat komen ataupun DM saya, atas kegarangan teman-temannya. Semoga kalian makin bisa menghargai orang lain dan semangat kekompakan buat nge-bully orang bisa diarahkan ke hal-hal lain yang bisa bikin idola kalian bangga.

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on

“Terima kasih buat EXO-L yang meminta maaf lewat komen ataupun DM saya, atas kegarangan teman-temannya.
Semoga kalian makin bisa menghargai orang lain dan semangat kekompakan buat nge-bully orang bisa diarahkan ke hal-hal lain yang bisa bikin idola kalian bangga,” tulis Anji.

Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi.

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.