Now Reading:
Jangheung Prison, Penjara Sungguhan yang Kini Kosong dan jadi Lokasi Syuting
Full Article 3 minutes read

Jangheung Prison, Penjara Sungguhan yang Kini Kosong dan jadi Lokasi Syuting

kholic.id – Banyak lokasi syuting film layar lebar dan drama Korea yang unik, salah satunya adalah komplek penjara.

Jangheung Prison yang terletak di daerah Jangheung, Jeollanam-do didirikan pada 1975 dan merupakan penjara sungguhan yang digunakan sebagai tempat tahanan bagi kriminal Korea Selatan. Akan tetapi, sejak tahun 2015 tempat ini resmi dinonaktifkan oleh pemerintah.

Semua fasilitasnya dipindahkan ke penjara bagian Yongsan-myeon. Kini, Jangheung Prison hanyalah bangunan kosong. Agar tidak sia-sia, Jangheung Prison mulai dibuka kembali dan dipakai untuk lokasi syuting film serta drama Korea.

Adegan film ‘The Prison’ (2016) yang berlatar Jangheung Prison. | Foto: ist/hancinema

Proyek produksi pertama yang memakai komplek penjara ini sebagai latar tempat adalah film The Prison (2016), yang dibintangi Kim Rae Won dan Han Suk Kyu. Komplek penjara ini juga dipakai untuk lokasi syuting drama SBS Defendant (2017) yang diperankan Ji Sung dan Kim Min Suk.

#피고인 #지성 박정우. 잊지 못할 씬. 기억.

A post shared by 지성 (@justin_jisung) on

Tak hanya itu, tvN Prison Playbook turut gunakan komplek ini sebagai Lembaga Pemasyarakatan Seobu, tempat pemain baseball Kim Je Hyuk (diperankan Park Hae Soo) ditahan. Selain itu, drama yang baru tamat JTBC Misty juga perlihatkan Jangheung Prison di episode 5 dalam adegan Ha Myung Woo (diperankan Im Tae Kyung) saat keluar dari penjara.

Kini, Jangheung Prison dimunculkan secara utuh dalam drama tvN Cross, tempat praktik dokter bedah Kang In Kyu (diperankan Go Kyung Pyo) yang ingin membalas kematian ayahnya 15 tahun lalu terhadap tahanan bernama Kim Hyung Bum (Heo Sung Tae).

Jangheung Prison dalam drama medis-kriminal tvN yang kini sedang tayang, ‘Cross’. | Foto: ist/koreandramaland

Provinsi Jeollanam-do sendiri terkenal dengan kuliner hidangan pendamping (banchan) yang spektakuler. Jangan khawatir akan kelaparan karena di sekitar komplek penjara terdapat banyak rumah makan dengan olahan hidangan khas provinsi Jeollanam-do.

Komplek penjara ini memang jadi situs menarik karena merupakan lokasi syuting film dan drama. Akan tetapi, meski kosong bangunan ini tidak dibuka untuk umum sehingga Chingudeul yang tertarik hanya bisa melihat dari sisi luar bangunan saja.

Jika ingin melihat komplek penjara ini, Chingudeul bisa pergi ke: 191 Wondo-ri, Jangheung-eup, Jangheung, Jeollanam-do.

Jadi, apakah kalian tertarik lakukan wisata unik ke penjara sungguhan di Korea?

Sumber: koreandramaland

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.