Now Reading:
Kutip Potongan Puisi Tanpa Izin, Drama SBS ‘Should We Kiss First’ Kena Omel Seniman
Full Article 3 minutes read

Kutip Potongan Puisi Tanpa Izin, Drama SBS ‘Should We Kiss First’ Kena Omel Seniman

kholic.id – Penyair Korea Lee Hwon tuduh drama SBS Should We Kiss First mencatut karyanya tanpa izin.

Tayang tadi malam (19/03), akhir episode ke-18 drama Should We Kiss First mengutip dua baris puisi berjudul ‘Kau adalah Satu-satunya Kalimat yang Tidak Bisa Aku Buang Begitu Saja’ karya penyair Lee Hwon yang berbunyi, ‘/Aku telah berdiri diam seorang diri untuk waktu yang lama/Satu masa penuh kekosongan dalam hidupku, kini telah dilengkapi./‘ Baris puisi itu diucapkan oleh aktor Kam Woo Sung, yang berperan sebagai pemeran utama Son Moo Han, dalam narasi di adegan pernikahan.

Setelah mengetahui karyanya dipakai tanpa izin oleh pihak SBS, Lee Hwon pun langsung merilis ungkapan protesnya lewat postingan akun instagram berupa screenshoot adegan dan pernyataan resmi.

Kata-kataku telah dicuri. Dialog yang dipakai dalam narasi akhir episode 18 di drama SBS Should We Kiss First merupakan puisi yang ada dalam koleksiku ‘Kau adalah satu-satunya kalimat yang tidak bisa aku buang begitu saja’ (You are the only sentence I could not throw away).

Sebelum para pembaca memberitahuku soal ini, aku tidak pernah dikontak soal [pemakaian] itu dan aku tidak pernah memberi izin. Mereka telah menggunakan karyaku tanpa izin dariku. Tidak hanya sebagai kutipan, tapi mereka memakainya sebagai narasi. Sepertinya mereka pikir itu tidak apa-apa dipakai sebagai monolog pendek karena hanya dua kalimat.

Dua baris puisi karya Lee Won (digaris bawah) yang dikutip tanpa izin ke dalam dialog SBS ‘Should We Kiss First’. | Foto: iMBC

Postingan ini langsung jadi viral dan diberitakan oleh banyak media Korea. SBS sebagai pihak yang menayangkan drama Should We Kiss First langsung merilis pernyataan dan permintaan maaf.

Kami benar-benar meminta maaf pada penyair yang bersangkutan. Penulis naskah telah memberi sumber tertulis dari dialog ini, yang memang berasal dari kutipan puisi karya Lee Hwon. Akan tetapi, saat sudah diproduksi, ternyata kredit sumber puisi tertinggal di tengah proses. Kami akan memastikan penonton akan melihat kredit sumber di penayangan ulang (re-run) episode 18 dan juga penayangan online.

Sementara itu, drama Should We Kiss First kisahkan percintaan 4 orang dewasa yang telah kehilangan kepercayaan dan keyakinan atas cinta itu sendiri. Tayang sejak 20 Februari di slot Senin-Selasa pukul 22:00 KST, drama ini sempat tembus rating tinggi hingga lewati 14 persen di pertengahan episode.

Sumber: (1), (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.