Now Reading:
Seoul National University, Kampus Prestisius Korea yang Jadi Lokasi Syuting
Full Article 2 minutes read

Seoul National University, Kampus Prestisius Korea yang Jadi Lokasi Syuting

kholic.id – Jika penduduk Korea ditanya universitas apa yang paling bergengsi di sana, pasti semua akan menjawab Seoul National University.

Kampus prestisius yang sering disebut sebagai SNU ini didirikan pada tahun 1946 dan merupakan kampus nasional Korea pertama. Berlokasi di Gwanak, Seoul, komplek Seoul National University miliki luas 7.9 km2 (1.960 hektar). Tidak hanya miliki banyak bangunan departemen dan jurusan yang berdesain modern, gerbang utama kampus ini juga miliki daya tarik tersendiri.

Bentuk unik dari gerbang SNU ternyata diinspirasi dari 3 huruf alfabet Korea (hangeul) ㅅ,ㄷ,ㄱ yang jika disusun menjadi (sya). Tiga alfabet konsonan itu merupakan huruf pertama dari Seoul National University dalam tulisan hangeul, 국립 서울 대학교. Dibentuk menyerupai kunci, gerbang ini menjadi simbol ‘kunci kebenaran’ yang merupakan motto kampus.


Foto: useoul.edu

Gerbang ini juga jadi ciri khas utama Seoul National University sehingga sering dijadikan latar tempat menarik dari drama dan acara TV Korea lainnya.

Drama SBS Star’s Lover (2008, diperankan Woo Ji Tae dan Choi Ji Woo) jadi drama Korea pertama yang menjadikan kampus SNU sebagai lokasi syuting. Setelah itu, variety show KBS 2 Days 1 Night season 3 ‘Going to Seoul National University’ (2015) jadi acara TV pertama yang lakukan syuting di dalam komplek kampus (termasuk asrama) dan melibatkan ratusan mahasiswa berstatus aktif yang kuliah di sana.

 

 

Tidak hanya itu, beberapa drama seperti tvN Reply 1988 dan Cheese in the Trap (2016), MBC Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016-2017), dan tvN Because This is My First Life (2017) juga menggunakan kampus ini sebagai representasi karakter tokoh utama yang merupakan alumni SNU, atau sekadar mengunakan kampus sebagai lokasi ‘universitas fiktif’ dalam drama.


Foto: ist/koreandramaland

Kampus almamater Kim Tae Hee, Lee Honey, rapper Beenzino, dan Yoo Hye Yeol ini terbuka luas bagi turis lokal dan mancanegara yang ingin lakukan wisata edukasi. Untuk sampai ke Seoul National University, Chingudeul hanya perlu naik kereta dan turun di Stasiun Seoul National University, jalur 2, exit 2 atau 3.

Jadi, siapkah Chingudeul merasakan suasana universitas nomor satu di Korea?

Alamat: 1 Gwanak-ro, Gwanak-gu, Seoul, South Korea

Sumber: (1), (2), (3)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.