Now Reading:
‘Mobile Prayer Room’, Ruang Sholat Bagi Wisatawan Muslim Saat ‘Olimpiade PyeongChang 2018’
Full Article 2 minutes read

‘Mobile Prayer Room’, Ruang Sholat Bagi Wisatawan Muslim Saat ‘Olimpiade PyeongChang 2018’

kholic.id – Sebuah ruang sholat sementara (mobile prayer room) akan disediakan untuk turis Muslim di Gangneung, Provinsi Gangwon.

Ruang sholat ini sudah bisa digunakan pada bulan Februari, di mana Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 mulai digelar. Tempat ini terdiri dari dua bagian, yakni ruang untuk wudhu, ruang sholat yang bisa menampung lima hingga enam orang. Al-Qur’an, sajadah, AC, dan pemanas ruangan juga akan disediakan.

Kim Sung Hoon, perwakilan dari Korea Tourism Organization (KTO) menyatakan, “Dengan mempertimbangkan budaya Islam, akan ada ruang sholat terpisah untuk pria dan wanita.”

Di bangunnya ruang sholat ini merupakan langkah untuk menanggapi pelonjakan jumlah wisatawan Muslim ke Korea yang meningkat dari 540 ribu di tahun 2012 menjadi 930 ribu di tahun 2017. Berkat meningkatnya popularitas drama Korea dan musik K-pop, banyak turis Muslim dari Asia Tenggara termasuk Indonesia dan Malaysia yang datang berkunjung. KTO memperkirakan angka tersebut akan melampaui 1 juta pengunjung di tahun 2018.

Namun demikian, pemerintah pariwisata Korea masing mengalami kesulitan untuk membangun lebih banyak ruang sholat bagi wisatawan Muslim, karena keberatan dari penduduk setempat dan komunitas Kristen. “Menyiapkan fasilitas mobile prayer room ini merupakan alternatif yang bisa mengurangi protes dari warga setempat sekaligus bisa memuaskan kebutuhan wisatawan mancanegara (khususnya turis Muslim), karena ruang ini bisa dipindahkan sebagaimana diperlukan,” ungkap Kim Sung Hoon.

Selain di Gangneung, sudah ada beberapa ruang sholat yang disediakan untuk wisatawan Muslim, seperti di Bandara Internasional utama, stasiun KTX di seluruh Korea, dan tempat wisata besar seperti Pulau Nami, Folk Village, dan Everland. Pada Agustus tahun 2017, Lotte Department Store juga mendirikan sebuah ruang sholat di lantai 6 Avenue, Lotte World Mall, Songpa-gu, Seoul.

Foto: koreatimes
Sumber: (1) (2) (3)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.