Now Reading:
Syuting ‘Hwayuki’ tvN Menelan Korban, Produser Menghindari Tanggung Jawab
Full Article 2 minutes read

Syuting ‘Hwayuki’ tvN Menelan Korban, Produser Menghindari Tanggung Jawab

kholic.id – Nasional Union of Mediaworkers Korea (kumpulan para pekerja di media) ungkapkan hasil penyelidikan atas kasus yang menimpa kru tvN Hwayuki.

Hari ini (4/1) perwakilan Nasional Union of Mediaworkers Korea membeberkan peyelidikan kasus yang terjadi ketika proses syuting Hwayuki pada 23 Desember lalu.

Permasalahan ini bermula saat kru ‘A’ (korban) tengah memasang lampu yang sejak awal tidak direncanakan di sebuah tempat setinggi 3 meter dari tanah. Tak sengaja ia terjatuh dengan badan berbentuk ‘V’ dan pinggannya turun.

Akibat tulang belakangnya terkilir, kini ‘A’ lumpuh dari pinggul ke bawah dan didiagnosa mengalami pendarahan otak. Kini ia sudah terbangun, tapi belum bisa menggerakan tubuhnya.

Perwakilan asosiasi tersebut mengatakan jika, “Staf sudah kelelahan karena mereka sering ditekan pada pekerjaan yang tidak ada dalam kontrak, terlebih lagi pekerja sudah berjam-jam bekerja keras karena jadwal yang tidak mungkin. Kecelakaan tersebut terjadi karena kru tersebut bekerja terlalu keras tanpa ada perencanaan atau peralatan keselamatan yang layak, dan dengan alat yang tidak tepat.”

Lokasi syuting ‘Hwayuki’ dianggap kurang aman karena sampai menelan korban. | Foto: Naver

Mereka menambahkan, “Sebelum kecelakaan tersebut, tim alat-alat kecil telah bekerja selama berhari-hari hingga jam 04:00KST, dan ketika hari kecelakaan, [kru] bekerja dari pagi sampai jam 01:00KST. Insiden ini terjadi saat mereka kembali ke asrama, tetapi terhenti karena ada pekerjaan tambahan.”

Tim investigasi mengungkapkan jika setelah kecelakaan terjadi, tidak ada tindakan pengamanan dan set masih dalam keadaan bahaya. Para produser mencoba untuk menghindari tanggung jawab dengan mengatakan pekerjaan bukanlah permintaan tapi sebuah pemberitahuan.

Serikat pekerja telah menuntut penghentian semua pekerjaan samapai penyelidikan keseluruhan dilaksanakan, orang-orang yang bertanggung jawab dihukum, dan lokasi syuting memiliki jaminan keselamatan.

Sumber: Allkpop

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.