Pengertian dan Macam Macam Mukjizat Secara Etimologi dan Terminologi

Pengertian mukjizat dalam Islam, perlu diketahui dan dipahami. Mukjizat sebenarnya terdiri dari beberapa macam yang memang penting untuk dipahami bagi kaum Muslimin.

Secara bahasa mukjizat memang berasal dari kata Mukjiz dan memiliki arti yang melemahkan atau mengalahkan. Istilah mukjizat berarti sesuatu yang luar biasa dan terjadi pada diri nabi atau Rasulullah.

Memang setiap kaum Muslimin wajib mempercayai adanya Mukjizat yang dimiliki oleh Nabi dan Rasul. Lantaran mukjizat merupakan kekuasaan yang memang telah dikehendaki Allah. Dirangkum dari berbagai macam sumber, berikut adalah pengertian mukjizat dalam Islam dan ketahuilah beberapa macamnya untuk Anda.

Pengertian Mukjizat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam Islam mukjizat memiliki arti yang melemahkan atau mengalahkan. Mukjizat sendiri berarti sesuatu yang luar biasa dan biasa terjadi pada diri nabi atau Rasulullah untuk membuktikan bahwa dirinya adalah Nabi atau Rasul Allah tidak dapat ditiru oleh siapapun.

Bagi para umat Islam, mempercayai adanya Mukjizat hukumnya wajib, karena dimiliki oleh Nabi dan Rasul. Lantaran mukjizat dari kekuasaan yang telah dikehendaki oleh Allah SWT. Bahkan Rasul juga tak mempunyai hak untuk menunjukkan mukjizat tanpa izin dari Allah SWT, seperti surat Ar Ra’ad ayat 38 yang berbunyi:

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلا مِنْ قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ أَزْوَاجًا وَذُرِّيَّةً وَمَا كَانَ

لِرَسُولٍ أَنْ يَأْتِيَ بِآيَةٍ إِلا بِإِذْنِ اللَّهِ لِكُلِّ أَجَلٍ كِتَابٌ

Artinya:

“Dan sesungguhnya, kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan. Dan tidak ada hak bagi seorang rasul mendatangkan suatu ayat (MUKJIZAT) melainkan dengan seizin Allah. Bagi tiap-tiap masa ada kitab (yang tertentu). ” (Q.S. Ar Ra’d [13] : 38).

Macam Mukjizat

Perlu diketahui bahwa mukjizat masih terbagi menjadi 4 macam. Mulai dari Mukjizat Kauniyah, Mukjizat Syakhsiyyah, Mukjizat Salbiyyah dan Mukjizat Aqliyyah.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai macam mukjizat yang perlu Anda ketahui:

Mukjizat Syakhsiyyah

Mukjizat syakhsiyyah adalah mukjizat yang keluar dan berasal dari tubuh seorang Nabi serta Rasul. Sepertinya halnya peristiwa air yang keluar dari celah-celah jari Rasulullah SAW, cahaya bulan hingga memancar dari tangan Nabi Musa AS serta adanya penyembuhan penyakit buta dan juga kista oleh Nabi Isa AS.

Mukjizat Aqliyyah

Selanjutnya adalah mukjizat Aqliyyah yang merupakan mukjizat rasiona atau pun masuk akal. Karena hanya ada satu mukjizat, yaitu kitab suci Al-Quran.

Mukjizat Kauniyah

Mukjizat Kauniyah adalah mukjizat yang memiliki kaitan dengan peristiwa alam, seperti misalnya peristiwa bulan yang dibelah menjadi 2 oleh Nabi Muhammad dan peristiwa dibelahnya Laut Merah oleh Nabi Musa as dengan tongkat.

Mukjizat Salbiyyah

Mukjizat selanjutnya adalah Mukjizat Salbiyyah yang membuat sesuatu tidak berdaya. Seperti peristiwa nabi Ibrahim AS yang dibakar oleh Raja Namrud akan tetapi api tak mampu membakar tubuhnya.