KPOP

Inilah Deretan Idol Korea Pemegang Hak Cipta Lagu Terbanyak

Image

Foto: Ist
kholic.id - Tidak hanya pandai bernyanyi dan menari, banyak juga idol Korea yang mampu menciptakan lagu mereka sendiri, baik itu lagu untuk solo maupun untuk grup mereka. Beberapa diantaranya bahkan terdaftar sebagai pemegang hak cipta lagu terbanyak.

Berdasarkan data dari Korea Music Copyright Association per 5 Februari 2018 yang dirangkum oleh penggemar, data tersebut menunjukkan rata-rata idola K-Pop memiliki 30 lagu yang diciptakannya. Artinya, mereka benar-benar menulis lirik hingga mengaransemen lagunya sendiri.

Dari data tersebut, nama leader BIGBANG, G-Dragon menempati urutan teratas dengan jumlah lagu ciptaan yang telah terdaftar sebanyak 170 buah. Disusul oleh Junhyung Highlight yang memiliki 139 lagu, Zico Block B dengan 113 lagu, Yongguk B.A.P yang telah menciptakan 105 lagu, dan Ravi VIXX dengan 100 lagu.

Di posisi sepuluh besar ada nama Rap Monster BTS, Yonghwa CNBLUE, Junho 2PM, dan Ilhoon BTOB. Tidak hanya itu, nama-nama idol K-Pop yang terbilang baru juga ikut masuk dalam daftar tersebut, seperti Vernon SEVENTEEN, Woozi SEVENTEEN, Mino WINNER, B.I iKON, Young K dan Wonpil DAY6, hingga Kidoh dan Sanggyun Topp Dog.

  
Foto: pann.nate

Sumber: Allkpop