BUDAYA

Intip Indah dan Megahnya Pesta Pembukaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018

Image

Foto: ist/Olympic
kholic.id - Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 telah digelar di Korea Selatan, dimulai dengan upacara dan pesta pembukaan pada Sabtu (10/02).

Disiarkan secara langsung oleh puluhan negara peserta di berbagai belahan dunia, acara ini digelar di PyeongChang Olympic Stadium. Membawa pesan 'harapan dan kedamaian', ini dia highlight dari acara pembukaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 yang sukses menyentuh banyak orang!

1. Munculnya 'White Tiger' sebagai Soohorang



Macan putih merupakan lambang perlindungan para nenek moyang bagi daratan Korea. Kemunculan Soohorang ini juga sebagai harapan dan doa agar semua makhluk hidup yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan dapat hidup selaras dan saling berhubungan dalam harmoni.

2. Yin dan Yang



Lebih dari 370 penari dan pemain drum tradisonal berpakaian hanbok (pakaian tradisional Korea) membentuk lambang 'Yin Yang' dari bendera nasional Republik Korea Selatan, Taegeukgi. Bentuk ini melambangkan energi seimbang dari alam semesta, dan diharapkan dapat 'mengalir' selama Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 berlangsung.

3. Kemunculan Rombongan Kontingen yang Mengharukan



Tidak cuma menghadirkan negara besar dengan ratusan delegasi di berbagai cabang olah raga, 'tim kecil' dari beberapa negara juga hadir dan berjalan dengan bangga.

Akwasi Frimpong jadi satu-satunya atlet asal Ghana yang ikut bertanding di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018. Tangisan Samaneh Beyrami, satu-satunya atlet ski asal Iran saat membawa bendera nasional juga jadi viral. Tak ketinggalan, Pita Taufatofua yang kembali tampil bertelanjang dada membawa bendera Tonga sukses menjadi pembicaraan hangat setelah pada 2016 lalu hebohkan dunia lewat penampilannya (yang juga bertelanjang dada) di Olimpiade Rio, Brazil.

4. 'Bersatunya' 2 Korea menjadi Semenanjung Korea



Tidak ada yang lebih mengharukan selain bergabungnya kontingen Korea Selatan dan Korea Utara menjadi satu barisan utuh di bawah naungan Bendera Persatuan Korea (The Unification Flag). Mewujudkan tema harapan, kedamaian, dan harmoni yang sebenar-benarnya, proses ini jadi satu langkah besar yang bahkan dipuji secara langsung oleh pimpinan pihak penyelenggara Olimpiade, IOC President Thomas Bach.

5. Nyala Api oleh 'Ratu Seluncur Es', Kim Yuna



Puncak acara dari upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 tentu saja penyalaan api olimpiade oleh atlet seluncur es kebanggaan Korea, Kim Yuna.

Sukses menangkan medali emas saat Olimpiade Musim Dingin Vancouver 2010 dan medali perak di Olimpiade Musim Dingin Sochi 2014, dengan anggun Kim Yuna masuki venue. Jadi pembawa obor terakhir dan nyalakan api di pusat stadion, Kim Yuna menutup rangkaian 7500 reli obor Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 yang diawali di Incheon pada 1 November 2017.

Semoga acara Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 berjalan dengan lancar dan sukses. Sementara itu, acara penutupan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 akan digelar pada 25 Februari 2018 di Pyeongchang Olympic Stadium.

Sumber dan foto: (1), (2)