K FOOD

Resep Mudah Membuat Hidangan Halal Korea 'Bibimbap Pedas dalam Kantung'

Image

Foto: korea.net
kholic.id - Banyaknya hidangan lezat dan unik dari Korea membuat turis mancanegara tertarik untuk mencicipi. Akan tetapi, bagi beberapa kalangan yang miliki pantangan tertentu, makanan Korea bisa jadi tantangan tersendiri.

Menjelang Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade PyeongChang 2018, hidangan dari kota asal Gangwon-do semakin diminati. Terkenal dengan hasil bumi kentang dan tepung buckwheat (serupa gandum), salah satu hasil olahannya yang bisa dikonsumsi para vegetarian dan muslim adalah 'Bibimbap Pedas dalam Kantung' hasil olahan Direktur Institut Hidangan Tradisional Korea, Yoon Sook Ja. Ini dia resep lengkapnya!



Bahan: (untuk penyajian 4 orang)

1. Kantung Buckwheat

- 190 gram Tepung buckwheat (bisa diganti terigu protein tinggi merek Segitiga Biru)
- 2 sdt Garam
- 400 ml Air
- 3 sdm Minyak goreng

2. Bibimbap (nasi campur ala Korea)

- 200 gram Kimchi, tiriskan airnya
- 100 gram Tauge bertangkai panjang, cuci bersih
- 50 gram Wortel, iris ukuran korek api
- 150 gram Timun, iris ukuran korek api
- 200 gram Kentang, iris ukuran korek api
- 2 sdt Garam
- 600 gram Nasi putih



3. Saus Cocol

- 2 sdm Kecap asin
- 1 sdm Garam
- 1 sdt Gula pasir
- 2 sdm Biji wijen sangrai
- 1 sdm Biji wijen sangrai yang ditumbuk
- 1/2 sdm Serpihan cabai kering/bubuk cabai
- Cincangan cabai hijau, cabai merah, bawang bombay secukupnya untuk hiasan

Cara Membuat:

1. Aduk tepung terigu dengan garam dan air hingga rata. Diamkan selama 10 menit agar adonan kental dan menjadi kenyal saat dimasak. Panaskan teflon, beri sedikit minyak goreng, lalu buat pancake tipis dengan diameter +/- 17 cm. Lakukan terus hingga adonan habis.

2. Potong kimchi serupa ukuran korek api, tumis sebentar dengan sedikit minyak hingga layu. Buang bagian akar dari tauge, lalu rebus sebentar (sekitar 3 menit) di air mendidih yang dibumbui garam. Tumis secara terpisah wortel, timun, dan kentang yang sudah dibumbui sedikit garam dengan sedikit minyak sekitar 1 menit.

3. Untuk membuat bibimbap, tambahkan 2 sendok makan saus ke nasi hangat dan aduk rata. Masukkan tumisan kimchi, tauge, wortel, timun, dan kentang. Aduk semua hingga rata.



4. Ambil selembar pancake, tata 2 sendok bibimbap, lalu gulung seperti lumpia. Atau bisa juga ambil selembar pancake, letakkan 2 sendok bibimbap di bagian tengah, lalu ikat pancake seperti kantung dengan menggunakan daun kucai yang telah direbus sebentar.

5. Hidangkan bibimbap dengan saus cocol.



Sumber & foto: korea.net