DRAMA

SBS 'Return' Bakal Diganti jadi Rated-19 karena Melanggar Banyak Pasal Penyiaran

Image

Foto: ist
kholic.id - Tampilkan banyak adegan sadis dan dewasa, Komisi Penyiaran Korea (KCSC) akan ubah rating drama SBS Return.

Drama kriminal yang dibintangi Go Hyun Jung ini sejak awal penayangan telah diberi rating PG-15 (boleh ditonton 15 tahun ke atas dengan bimbingan orang tua -red). Akan tetapi, 2 episode pertama dari Return sudah menampilkan adegan penggunaan obat-obatan terlarang, menyakiti pergelangan tangan hingga berdarah (self harm/cutting), adegan sensual, pembunuhan yang detail, dan lain-lain.

Foto: SBS


Menurut KCSC, beberapa adegan Return sudah melanggar Pasal 25 yang berkaitan dengan kode etik, Pasal 26 (tentang menghormati hidup), Pasal 27 (tentang penggambaran 'kelas' atau golongan masyarakat tertentu), Pasal 36 (kekerasan), dan Pasal 44 (tingkat pengambilalihan dalam kekuasaan).

Dalam Pasal 30 yang berkaitan dengan kesetaraan gender, drama ini juga jadi perhatian khusus karena beberapa kali tampilkan penggunaan wanita sebagai objek kekerasan seksual, pelecehan, prostitusi, dan KDRT hanya demi menggambarkan karakter yang diperankan Shin Sung Rok, Bong Tae Gyu, Park Ki Woong, dan Yon Jong Hoon.

Foto: ist/SBS


Anggota KCSC menyatakan, "Pemeriksaan ini kami lakukan karena drama ini miliki rating yang tinggi. Menggunakan adegan dewasa seperti itu dalam 2 episode pertama diperkirakan hanya sebagai 'pancingan' untuk menarik jumlah penonton. Drama ini tayang ulang di hari Minggu sore, jadi anak-anak dan remaja kemungkinan besar ikut menonton ini."

Sementara itu, Return mengisahkan satu pembunuhan rumit seorang wanita muda yang melibatkan 4 pria dari kalangan elit. Tayang setiap Rabu-Kamis pukul 22:00 KST, drama ini sukses menduduki rating tertinggi selama 3 minggu berturut-turut.

Sumber: allkpop