KPOP

Resmi Pamit dan Hiatus untuk Wajib Militer, Ini Salam Terakhir 4 Member Grup BIGBANG

Image

Foto: YG Entertainment
kholic.id - Grup BIGBANG resmi pamit lewat konser terakhir yang digelar di Gocheok Sky Dome, Seoul, pada 30-31 Desember 2017.

Konser bertajuk 'BIGBANG 2017 Concert Last Dance in Seoul' ini resmi jadi penampilan terakhir G Dragon, Taeyang, Daesung, dan Seungri sebagai grup sebelum vakum secara resmi (hiatus) dari dunia hiburan karena akan laksanakan wajib militer. Di akhir konser, keempat member ini ucapkan salam pamit mereka di depan puluhan ribu penggemar.

Daesung

Foto: ist/YG Entertainment


"Selama ini rasanya menyenangkan. Aku sudah pergi ke banyak tempat, mendarat di sana sini melihat banyak hal baru. Terima kasih. Untuk waktu yang lama, banyak rumor mengabarkan 'koser terakhir BIGBANG' dan akhirnya, konser terakhir sebelum kami wajib militer telah datang. Berkat memori dan banyaknya cinta yang kalian berikan, aku tidak merasa sedih melainkan berterima kasih karena kami mampu berdiri hingga di saat seperti ini.

"Aku pikir, ini adalah akhir dari 'Bagian 1'. Kami akan kembali dalam keadaan sehat setelah lakukan tugas negara sebagai pria Korea, jadi kami harap kalian semua juga tetap menjaga kesehatan. Hal yang paling penting adalah 'kita tetap bersama'. Ini bukanlah akhir, jadi marilah kita merajut kenangan bersama dan membuat hubungan ini semakin kuat. Bertemu kalian rasanya sama seperti bertemu diriku yang utuh di sepanjang hidup."

Taeyang

Foto: ist/YG Entertainment


"Waktu telah berjalan sangat cepat hingga aku tak tahu ia pergi ke mana. Belum lama ini, aku menonton video yang memperlihatkan penampilan panggung BIGBANG 10 tahun lalu dan aku bersyukur dengan semua kenangan indah yang telah kita ciptakan bersama.

Bertemu kalian semua dari atas panggung ini adalah kebahagiaan terbesarku. Setelah konser ini, rasanya sedih karena kita tidak bisa bertemu di beberapa tahun ke depan. Tidak peduli lama atau sebentar, aku tidak sabar untuk bertemu kalian lagi dengan tampilan baru dan lebih dewasa.

Aku mohon, tunggulah kami sekali lagi hingga kami berdiri di hadapan kalian dalam jumlah 5 member. Banyak yang bertanya, apakah aku khawatir ini jadi masa terakhir BIGBANG, tapi aku tidak berpikir seperti itu. Bahkan hari ini, aku melaksanakan konser seperti yang biasa aku lakukan. Aku selalu datang dengan mindset 'ini adalah penampilan terakhir', semua agar aku bisa berikan yang terbaik. Kalian semua tidak usah khawatir. Bahkan setelah wajib militer, aku yakin dukungan kalian akan sama dan jadi sumber kekuatanku. Aku ingin ucapkan terima kasih."

G Dragon

Foto: ist/YG Entertainment/Always-GD


"Aku tidak tahu bagaimana pikiran orang lain saat mendengar konser tur dengan nama 'Last Dance', tetapi kami tidak begitu peduli dengan kata 'last'. Kami yakin ini bukanlah akhir dari BIGBANG jadi kami harap, kalian semua juga berpikir yang sama.

Kita telah melewati banyak hal sulit bersama dan memiliki rasa percaya yang besar dan saling mengerti satu sama lain, jadi aku pikir, jika kita semua hidup tanpa rasa takut, selalu yakin dan berpikir hal yang baik, maka kita akan merasakan semuanya, segalanya hanya yang baik.

Terima kasih, kami telah banyak melewati hal yang indah dan menyenangkan serta banyak hal lainnya, tetapi kami berhasil bertahan, semua berkat kalian. Aku yakin, itu semua jadi mungkin karena kita terus bersama-sama. Aku tidak tahu harus bilang apa di saat seperti ini. Aku tidak pernah memikirkan ini dan sekarang, semua tidak terasa nyata.

Aku ingin memberikan hadiah terbesar untuk kalian semua di setiap tahun, tapi sepertinya aku belum sanggup untuk itu. Aku berjanji akan kembali dan lebih dewasa jadi kalian bisa menunggu dengan rasa tak sabar di dalam hati. Waktu menunggu akan jadi masa yang menyenangkan. Terima kasih telah memberikan waktu kalian yang berharga di akhir tahun 2017 ini."

Seungri

Foto: ist/YG Entertainment/Acetory


"Aku bukan orang yang gampang takut, tapi untuk beberapa alasan, belakangan ini aku khawatir. Aku adalah anggota terakhir yang bergabung di BIGBANG dan saat itu, aku tidak punya apa-apa selain rasa percaya diri. Sekarang aku berpikir, 'apa yang aku punya hingga aku berhak berdiri di sini'.

Aku merasa hanya sebagai pembuat masalah bagi member yang lain, penggemar, agensi, dan selalu jadi orang yang terus minta pertolongan. Sekarang, aku berharap bisa jadi orang yang membantu member yang lain serta para staf di agensi, bukan cuma sebagai member termuda yang terus membuat masalah.

Seiring waktu berjalan, kalian mulai miliki pikiran yang berbeda. Ini adalah saat di mana kami butuh dukungan penuh dari kalian. Dari lubuk hatiku yang paling dalam, aku ingin ucapkan terima kasih. Jika dikumpulkan dari hasil kerja BIGBANG dan karir solo, kami telah membuat 280 lagu. Semuanya berhasil ciptakan masa-masa indah dan berharga berkat kalian.

Terima kasih untuk kalian semua yang sudah menyisihkan waktu untuk hadir di sini, dan orang tua yang telah melahirkan kami. Kami bukanlah robot namun manusia dengan perasaan yang nyata, jadi pastilah ada masa ketika kami membuat kesalahan atau penilaian buruk di mata kalian.

Dari waktu yang telah lewat, kami kini semakin kuat karena punya kalian, dan sudah seharusnya kami membalas dukungan dan cinta itu. Kami sudah melewati banyak hal, tapi aku harap BIGBANG bisa berkumpul lagi, berlima, lalu tertawa dan bernyanyi dan berlari di panggung bersama. Terima kasih banyak dan Selamat Tahun Baru!"

Foto: YG Entertainment


Foto: YG Entertainment


Grup BIGBANG yang kini ditinggal T.O.P yang jalani wajib militer sebagai Pekerja Sosial di Seoul telah dijanjikan oleh CEO YG Entertainment Yang Hyun Suk bakal comeback dalam format utuh 2-3 tahun ke depan. Semoga wajib militer para member BIGBANG berlangsung lancar, ya!

Sumber: (1), (2)