DRAMA

10 Drama Korea (TV Kabel) dengan Rata-Rata Rating Tertinggi di Tahun 2016

Image

Foto: tvN
2. Signal

Saluran: tvN

Rating rata-rata:
8,82%%

Drama Signal membuat banyak penonton ternganga dengan alur maju-mundur yang dibuat apik dan nyaris tidak bisa menemukan adanya plot hole. Banyak orang yang benar-benar tidak mengerti bagaiman harus mencerna drama ini di dua episode awal. Akan tetapi, setelah dua episode berakhir dengan kebingungan, para penonton akhirnya bisa menemukan jawabannya dan mulai mengerti bagaimana cara alur drama Signal berjalan.

Berbagai kasus di drama Signal yang diangkat dari kasus-kasus yang benar-benar terjadi menjadi salah satu poin kuat lainnya yang membuat drama ini sangat menarik perhatian. Meski ada berbagai macam kasus yang ditampilkan, drama ini tetap memiliki benang merah sehingga para penonton tidak bosan menantikan episode selanjutnya.

Drama yang berhasil meraih rating rata-rata 8,82% ini menjadi fenomena tersendiri di industri drama Korea di tahun 2016.

1. Reply 1988


Foto: facebook.com/reply.tvN

Saluran: tvN

Rating rata-rata: 12,43%

Drama Reply 1988 adalah drama berlatar 1988 dan dibintangi oleh para idol dan aktor muda sehingga membuat drama ini banyak ditonton oleh berbagai generasi. Generasi tua senang menonton drama ini karena mereka bisa bernostalgia, sedangkan generasi muda bisa melihat bagaimana akting para idol dan aktor muda kesayangan mereka.

Berkat kepopuleran drama Reply 1988, para pemainnya pun ikut populer di berbagai kalangan. Mereka adalah Hyeri Girls Day, Ryu Jun Yeol, Park Bo Gum, Go Kyung Pyo, dan Lee Dong Hwi. Penempatan para cameo pun menjadi daya tarik tersendiri sehingga drama ini semakin disukai.

Drama Reply 1988 yang meraih rating dua digit tentu saja menjadi fenomena yang langka. Jarang terjadi drama TV kabel berhasil meraih rating sampai dua digit.

Selain drama-drama yang tampil di sepuluh besar di atas, masih ada beberapa drama dari saluran TV kabel yang digemari para penggemar K-drama internasional, yaitu JTBC My Wife's Having an Affair this Week (3,047%), tvN Cinderella and Four Knights (2,92%), JTBC Fantastic (2,36%), JTBC Mirror of the Witch (2,34%), JTBC Ms. Temper & Nam Jung Gi (2,24%), tvN Pied Piper (2,14%), JTBC Age of Youth (1,329%), OCN Neighborhood Hero (1,178%), OCN Vampire Detective (0,9%), dan JTBC Madame Antoine (0,71%).

Drama-drama TV kabel yang masih tayang seperti tvN Goblin, tvN Entourage, dan JTBC Solomon's Perjury tidak kami hitung rating rata-ratanya. Akan tetapi, lewat beberapa artikel sebelumnya, drama tvN Goblin kelihatannya bisa melampaui rata-rata rating drama Signal, tetapi masih harus menunggu sampai tamat apakah drama Goblin bisa melewati rating rata-rata drama Reply 1988 atau tidak.

Sumber: (1) (2)