BUDAYA

Ketegangan Hubungan Korea-Cina, Tidak Membuat Hallyu Star Berhenti Berkarya

Image

Foto: Ist
korea.iyaa.com - Meski banyak bintang Hallyu yang bekerja di Cina, Korsel akhirnya memutuskan untuk menggelar sistem pertahanan THAAD (Terminal High Altitude Area Defense) sebagai bagian dari pertahanan Korsel terhadap serangan Korut. Meskipun demikian, hal ini membuat sekutu Korut, Cina dan Rusia, marah sehingga hubungan bilateral antara Cina dan Korsel juga menegang dan berimbas juga terhadap industri hiburan kedua negara.

Surat kabar resmi dari Persatuan Pemuda Komunis Cina, Beijing Youth Daily tergerak untuk menyangkal rumor yang mengatakan 'jika program yang akan menampilkan bintang Korea [Selatan] dibatalkan di TV Cina'. Awalnya rumor mengatakan Beijing akan membatasi penampilan bintang TV dan film Korea pada channel yang dikelola oleh negara. Harian tersebut mengatakan jika penundaan oleh berbagai media dan itu adalah rumor palsu.

Walau film Cina yang dibintangi oleh penyanyi Korea, Hwang Chi Yeol yang seharusnya tampil hari Senin, kini diundur menjadi hari Jumat. Tetapi lain halnya dengan film pertama Seung Ri BIGBANG, mereka akan terus syuting di Hong Kong.

Surat kabar tersebut menambahkan bahwa serial Rabu-Kamis, Uncontrollably Found akan tetap ditayangkan di Cina mulai hari Minggu.

Namun, Koran Hong Kong Sounth China Morning Post, yang tidak terlalu dikekang negara, mengutip siaran dari sumber di Guangdong dan mengatakan jika pejabat pemerintah seharusnya membatasi penampilang bintang Korea.

Sementara itu, China Global Time mengutip dari berita Korea jika bintang Hallyu yang kegiatannya terkekang menjadi pembalasan atas keputusan THAAD. Namun mereka mungkin kini mereasa bersalah.

Sebenarnya, Korea Selatan bisa saja mengubah lokasi unit pertahanan anti-rudal THAAD di daerah tenggara Seongju karena masalah lingkungan kesehatan penduduk sekitar, ungkap Presiden Park Geun Hye pada Yonhap.

Sumber: Hancinema