5+ Keunggulan Karpet Lantai Vinyl Yang Sesuai Untuk Ruang Tamu

Untuk mempercantik ruang tamu, Anda bisa merubah dekorasi lantai rumah tanpa harus mengganti lantai keramik yang sudah terpasang. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan karpet lantai berbahan vinyl. Dengan berbagai macam pilihan motif dan warna, Anda bisa menyulap tampilan ruang tamu Anda dalam sekejap.

Apa itu Karpet Lantai Vinyl?

Karpet jenis ini berbeda dengan karpet plastik yang berbahan dasar polypropylene. Karpet lantai vinyl merupakan bahan karpet yang berfungsi untuk menutupi permukaan lantai yang berbahan dasar PVC dan pasir putih. Apa saja keunggulannya?

Keunggulan Karpet Lantai Vinyl

Keunggulan karpet lantai vinyl dibandingkan dengan bahan lainnya antara lain adalah sebagai berikut :

  • Memiliki motif dan pilihan warna yang sangat beragam, sehingga memberikan banyak pilihan bagi Anda saat mendekorasi lantai ruang tamu.
  • Dengan tebal bahan berkisar antara 1,2-1,6 mm, akan sangat nyaman dan empuk ketika Anda menginjaknya. Namun karena sifatnya yang cenderung lunak, membuat permukaannya tidak terlalu tahan terhadap benda tajam.
  • Memiliki kekuatan bahan yang bagus, awet dan tahan lama. Bahkan ada beberapa produsen yang mengklaim produknya bisa bertahan hingga 15-20 tahun.
  • ⦁ Memiliki ketahanan terhadap air dan noda kotoran, sehingga bisa Anda bersihkan dengan cara dipel tanpa harus takut rusak karena lembab.
  • Memiliki fitur anti rayap, jamur dan bakteri, sehingga Anda bisa menggunakannya dengan rasa aman dan nyaman.
  • Mampu menahan temperatur panas hingga suhu 75° Celcius.
  • Menggunakan teknologi high press system yang membuat si penutup lantai ini tidak mudah terkelupas. Namun, jika Anda membeli yang tanpa lapisan anti UV, Anda tidak disarankan memasangnya di area yang terkena sinar matahari langsung, karena bisa membuat warnanya mudah memudar.
  • Tahan terhadap zat kimia seperti alkohol dan thinner.
  • Mudah untuk dibongkar pasang. Namun Anda perlu mempertimbangkan jenis perekat yang Anda gunakan, agar mudah membongkar pasangnya jika ingin menggantinya dengan motif lain.

Dengan harga yang relatif terjangkau, mulai dari 80 ribuan per meter persegi, karpet lantai dengan bahan vinyl ini bisa menjadi solusi untuk dekorasi ruang tamu Anda. Banyaknya pilihan motif, termasuk motif kayu, akan menjadikan ruang tamu Anda lebih elegan tanpa harus mengganti lantai keramik Anda dengan lantai parket.